DAMPAK BILA TERGIGIT ULAR BERBISA BAGI TUBUH

Di indonesia banyak sekali jenis-jenis ular mulai dari ular yang berbisa dan ular yang tidak memiliki bisa. Tetapi jangan salah ular yang tidak berbisa harus kita waspadai karena ular yang tidak berbisa akan menyerang dengan cara melilitkan tubuhnya ke mangsa, adapun ular yang tidak berbisa yaitu ular piton, dan ular anaconda. Sedangkan ular yang memiliki bisa sangatlah berbahaya karena bila terkena gigitan ular tersebut bisa akan menyebar di tubuh kita dan bila tidak segera melakukan penanganan kita bisa kehilangan nyawa, adapun ular yang memiliki bisa yang mematikan antara lain ular kobra, ular weling, ular pohon, dan masih banyak lagi. Bila anda terkena gigitan ular sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan penanganan, biasanya dokter dalam menangani pasien yang terkena gigitan ular melakukan tindakan awal dengan cara mengeluarkan bisa agar bisa tersebut tidak menyebar ke tubuh. Adapun dampak gigitan ular bagi tubuh diantaranya:

  • Hipotensi

Setelah di gigit ular yang berbisa ada plasma di dalam pembuluh darah yang mengakibatkan perdarahan internal. Bila tidak segera ditangani bisa yang di dalam tubuh akan menyebar dan efek yang paling fatal bisa terjadi hipotensi atau tekanan darah yang menurun drastis. Bahkan ada jenis ular yang apabila menggigit akan menurunkan tekanan darah dalam hitungan menit.

  • Gangguan pembekuan darah

Ular yang berbisa mengandung enzim prokoagulan yang dapat mengganggu proses pembekuan darah. Apabila kondisi seperti ini tidak segera ditangani, maka korban bisa mengalami pendarahan sistematik yang sangat berbahaya. Darah yang membeku akan menyumbat darah lain mengalir sehingga mengakibatkan darah tidak bisa mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

  • Kelumpuhan 

Bisa ular juga bisa mengakibatkan kelumpuhan pada manusia ataupun hewan bila tergigit hewan yang satu ini. Bila seseorang tergigit ular dan orang yang tergigit tadi bertanda-tanda mengantuk karena kekurangan sirkulasi udara dan segeralah ditangani apabila terlambat menangani bisa mengakibatkan kelumpuhan yang permanen.

  • Myotoxicity

Jenis racun ular yang dapat mengakibatkan myotoxicity pada umumnya ditemukan pada spesies ular laut. Sekali ular laut melepaskan bisanya racun akan menyebar ke pembuluh darah dan otot, mengakibatkan efek seperti kelumpuhan. Pasien yang terkena myotoxicity bisa saja meregang nyawa karena kelumpuhan atau melemahnya otot pernapasan atau cedera akut pada ginjal.

  • Keracunan lokal

Keracunan lokal ini menunjukkan efek secara langsung dari gigitan ular pada bagian tubuh. Biasanya ditandai dengan bengkak atau melepuh di sekitar area gigitan ular tadi. namun pada kasus tertentu biasanya langsung terjadi kematian jaringan karena racun yang dikandung ular tersebut langsung bereaksi di jaringan tubuh manusia.

  • Cedera pada ginjal

Bisanya bila orang yang tidak kuat dengan gigitan ular. Orang yang tergigit akan mengalami debar-debar yang cepat sehingga ginjal akan melakukan kerja yang tinggi. Kematian jaringan pada ginjal, menurunkan adanya efek langsung dari racun ular tersebut yang membahayakan pada manusia jika orang yang tergigit tidak kuat terhadap efek dari bisa ular tersebut.

Nah itu beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika terkena gigitan ular, bila terkena gigitan ular jangan memandang remeh segera lakukan penanganan ke dokter untuk membantu mengeluarkan bisa ular tersebut. Dan kita tidak boleh memandang ular sebelah mata ular itu berbisa maupun tidak memiliki bisa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *