Ketahui 4 Teknik Sablon Yang Digunakan Konveksi Amanah Garment

Amanah GarmentAnda pastinya sudah tahu bukan bahwa pandemi masih belum berakhir. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif agar bisa bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini. Salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis maupun usaha mandiri. Karena mencari pekerjaan juga sudah sangat sulit. Ada banyak jenis bisnis yang cocok dijalankan pada masa pandemi. Ini salah satunya adalah bisnis sablon kaos yang bisa anda manfaatkan sekarang juga. Meskipun di tengah pandemi, akan tetapi bisnis fashion yang satu ini masih memiliki peluang yang cukup bagus. Terutama jenis custom kaos sablon. Nah, kali ini kami akan menjelaskan kepada anda beberapa ide bisnis kaos untuk sablon yang bisa dicoba.

Amanah Garment

Jadi Inilah 4 Teknik Sablon Kaos

Sablon custom kaos memang termasuk salah satu jenis bisnis yang memiliki risiko kecil. Sehingga sangat cocok untuk dijalankan di masa pandemi. Ada beberapa teknik yang biasa digunakan untuk menjalani bisnis sablon pada kaos tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya, seperti:

  • Sablon DTG

Salah satu jenis teknik sablon yang sering digunakan jasa sablon untuk memproduksi kaos sablon adalah teknik sablon DTG. Inilah salah satu jenis teknik sablon yang sangat populer. Kaos bisa di sablon langsung dengan mentransfer tinta menggunakan printer khusus sablon kaos. Sebelum mencetak sablon di atas kaos. Maka pastikan dulu bahwa desain yang akan dicetak tersebut sudah siap. Jangan hanya asal memilih teknik sablon jika nantinya tidak bisa dikerjakan secara maksimal.

  • Sablon sublimasi

Selain sablon DTG, sablon sublimasi ini juga merupakan salah satu teknik untuk menyablon kaos. Akan tetapi desain tidak langsung di print diatas kain seperti halnya sablon DTG. Pada teknik sablon yang satu ini desain akan dicetak terlebih dahulu diatas kertas transfer. Selanjutnya, barulah kertas transfer paper yang digunakan akan di press pada media kain maupun kaos dengan teknik heat press. Untuk menyablon kaos dengan teknik satu ini. Maka anda membutuhkan peralatan berupa mesin sublim, komputer desain dan heat press. Dengan begitu, hasil sablon nya juga maksimal.

  • Sablon cutting

Teknik selanjutnya adalah metode cutting. Apakah anda sudah tahu seperti apa metode sablon yang satu ini. Tentunya teknik ini menggunakan mesin pemotong seperti plotter maupun sejenis mesin cutting sticker. Kemudian baru di press menggunakan mesin heat press. Sablon yang satu ini mampu menghasilkan efek timbul dan menutup pori-pori pada kaos yang di sablon.

  • Sablon transfer paper

Perlu anda ketahui bahwa transfer paper merupakan teknik sablon yang dilakukan dengan mencetak desain sablon pada kertas khusus. Baru selanjutnya transfer paper tersebut diletakkan diatas kaos. Baru setelah itu dipanaskan menggunakan mesin heat press. Lalu desain akan menempel kuat pada kain. Teknik transfer paper ini terdiri dari dua jenis. Seperti halnya light untuk kaos putih dan menerawang dan transfer paper dark untuk kaos berwarna hitam.

Memulai bisnis di masa pandemi seperti saat ini memang tidak mudah. Akan tetapi jika anda bisa melihat peluang dan memiliki niat kuat. Bukan tidak mungkin jika anda mulai bisnis di tengah pandemi. Bisnis kaos sablon menjadi solusi terbaik untuk anda mendapatkan penghasilan. Karena memilki potensi yang masih menjanjikan. Akan tetapi anda juga harus memastikan untuk memilih teknik sablon yang benar-benar bisa dilakukan. Karena belum tentu anda mampu mengerjakannya sesuai dengan yang diinginkan klien.